DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Lulusan IT Gak Bisa Ngoding? Jangan Khawatir Itu Bukan Masalah Besar

advertisement
Lulusan IT gak bisa ngoding apa jadi masalah?

IT memang identik dengan yang namanya ngoding.
Banyak orang di luar IT mengira bahwa semua lulusan IT pasti jago ngoding dan bikin aplikasi.
Tapi nyatanya tidak demikian. Bahkan banyak lulusan IT yang kesulitan dalam menulis kode program.
Kebanyakan dari mereka merasa telah salah jalan dan merasa terjebak di dunia tersebut.

Tapi tahukah kamu IT bukan hanya sekedar ngoding dan bikin aplikasi.
Ngoding hanya salah satu cabang dari IT.
Jika kamu salah satu dari lulusan IT yang tidak bisa ngoding, jangan dulu khawatir dan pesimis karena ada banyak sekali pekerjaan diluar sana yang tidak melulu berhubungan dengan script dan kode.
Kamu masih punya kesempatan untuk tetap berkarir sebagai seorang IT tanpa harus menguasai bahasa pemrograman apapun.

Lalu apa saja pekerjaan bagi seorang lulusan IT selain menjadi seorang tukang ngoding(programmer)?
Berikut adalah profesi-profesinya,

UI/UX Designer

Menjadi UI dan UX Designer

User interface dan user experience adalah hal yang penting dalam aplikasi. Karena user interface adalah bagian dari aplikasi yang berhubungan langsung dengan pengguna.
User interface yang baik seharusnya memberikan user experience yang baik pula ke pengguna.
Menjadi designer UI dan UX bisa menjadi pilihan bagi seorang lulusan IT yang gak bisa ngoding, karena kita sama sekali tidak di haruskan untuk bisa menulis kode program. Kita hanya perlu untuk mendesain layout terbaik yang akan mempermudah dan tidak membingungkan pengguna.

Application Tester

Application Tester
Mungkin ini adalah pekerjaan bagi seorang IT yang tidak dituntut usaha apapun. Tidak seperti designer UX dan UI yang perlu imajinasi dan kreatifitas, menjadi aplication tester hanya perlu memastikan apakah aplikasi yang sudah dikembangkan memiliki bug atau tidak dengan tindakan-tindakan normal dan tindakan-tindakan abnormal.

Webmaster

Menjadi seorang webmaster
Menjadi seorang webmaster adalah profesi paling menjanjikan karena bayaran yang tinggi diberikan untuk profesi ini. Webmaster adalah seorang yang ahli dalam dunia SEO(Search Engine Optimation) sebuah profesi bagaimana membuat sebuah halaman web dapat terindex dan muncul di halaman pertama mesin pencarian(Google,Bing,Yahoo dan lainnya).
Kenapa bayarannya mahal?
Karena untuk melakukannya butuh waktu dan strategi yang tepat yang tidak semua orang mampu melakukannya.  Menjadi webmaster atau ahli seo bisa menjadi pilihan untukmu yang alergi terhadap rentetan baris kode.

Digital Marketing

Menjadi seorang digital marketing
Bagi kamu yang hobi berjualan online dan punya strategi dalam memasarkan produk via internet, mungkin ini adalah pilihan terbaik. Kamu bisa mulai belajar SEM dan SMM untuk menambah kemampuanmu dalam dunia tersebut. Digital marketing adalah profesi yang menyenangkan karena kamu tidak akan berhadapan dengan yang namanya kode program.

Sistem Analis

Menjadi Sistem Analis

Sistem analis adalah seorang yang memegang peranan penting dalam perencanaan dan persiapan pengembangan aplikasi. Sistem analis akan melakukan observasi untuk menentukan kebutuhan dan fungsi-fungsi yang harus dimiliki dalam aplikasi. Umumnya seorang sistem analis tidak di haruskan untuk memiliki kemampuan koding, namun sistem analis harus mengetahui kemampuan dan karakteristik dari setiap bahasa pemrograman agar dia mampu memilih bahasa pemrograman terbaik untuk menangani masalah di lapangan. Misalnya kita ingin mengembangkan aplikasi mobile, tidak mungkin sistem analis menyarankan menggunakan bahasa pemrograman php. 
Gimana apa kamu tertarik menjadi seorang sistem analis?

Network Enginer

Menjadi network enginer
Network engineer adalah profesi yang memiliki peranan dalam mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi dalam sebuah intansi atau organisasi. Tugas seroang network enginer adalah merancang dan memperbaiki jaringan agar berjalan secara normal. Syarat dasar untuk terjun ke profesi adalah kemampuan kita dalam mengkonfigurasi perangkat jaringan seperti router, switch, access point dan lainnya serta kemampuan kita dalam subnetting. Umumnya seorang network enginer tidak di tuntut untuk memilki kempuan dalam koding, hanya pada kondisi-kondisi tertentu saja dan itupun jarang sekali.
Jika kamu tertarik kamu bisa mulai belajar dari sekarang terutama untuk produk cisco dan cobalah untuk ikut ujian sertifikasinya.

Network Administrator

Menjadi seorang network administrator
Berbeda dengan network enginer, seorang network administrator adalah seorang yang berperan dalam pemeliharaan perangkat dan jaringan komputer/telekomunikasi. Tugas yang dikerjakan mencakup, konfigurasi, pergantian perangkat, monitoring jaringan membuka dan menutup akses dan lain sebagainya. Network administrator tidak diharuskan memiliki kemampuan koding, kemampuannya dalam mengunakan tools-tools jaringan yang menjadi syarat utamanya.

IT Support

Menjadi seorang IT support
IT support adalah pekerjaan yang paling sering kita temukan di sebuah perusahaan. Pekerjaan utama adalah sebagai staff pendukung operasional yang berkaitan dengan penyediaan perangkat komputer, konfigurasi dan instalasi sistem operasi. IT support setidaknya mampu bagaimana memasang dan merakit komputer karena kerjaan tersebut adalah hal yang umum dan sering dilakukan.
Jika kamu tertarik, ada banyak sekali lowongan pekerjaan untuk profesi tersebut.

Gimana? Banyakankan, dan masih banyak lagi yang lainnya, apa kamu merasa ada yang cocok dengan passionmu?
Jangan pernah khawatir lulus dengan title IT yang gak bisa ngoding. Kesempatanmu masih banyak, dan jangan persempit definisi IT agar kamu tetap bisa pede dan yakin bakalan sukses.
Atau jika kamu tetep ingin menjadi programmer, kamu belum terlambat untuk kembali belajar. Bisa ikut les atau sekedar baca atau tonton tutorial dasar-dasar pemrograman yang banyak diinternet.

Sekian dulu artikel singkat kali ini. Semoga bisa membuka wawasanmu tentang dunia IT dan menambah kepercayaan dirimu untuk sukses berkaris sebagai IT. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan. Dan jika ada pertanyaan atau ada yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis di kolom komentar.
advertisement



0 Komentar untuk " Lulusan IT Gak Bisa Ngoding? Jangan Khawatir Itu Bukan Masalah Besar"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!