DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Stuck Saat Ngoding

advertisement
Tips cara mengatasi stuck saat ngoding

Menulis code program tidak seperti kita menulis cerpen, kita mulai dari pendahuluan dan kita akhiri dengan penutup yang happy ending. 
Ngoding itu banyak hambatannya, kode error, algoritma salah, atau sistem yang terlalu rumit sehingga sulit membuat alur proses. Masalah ini bukan hanya dialami oleh programmer pemula, bahkan yang expert pun sering mengalami kondisi tersebut. Tapi seorang programmer yang cerdas tau apa yang harus dia lakukan ketika dia terhambat dalam mengembangkan sebuah aplikasi.

Kali ini saya akan berbagi tips yang bisa kita lakukan ketika menemui masalah saat mengembangkan aplikasi. 

Disini saya membaginya menjadi dua masalah, yaitu

Stuck Menulis Code Program

Stuck dalam menulis code program adalah stuck yang bisa di katakan ringan, karena pada dasarnya kita sudah memiliki cara bagaimana membangun program tersebut, namun terhambat bagaimana cara menulis codenya. Ini biasanya di alami ketika kita mencoba bahasa pemrograman baru dan belum familiar dengan syntax-syntax yang ada di bahasa pemrograman tersebut. Hal - hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya, yaitu

Kembali ke dokumentasi

Setiap bahasa pemrograman, library maupun framwork umumnya sudah menyediakan dokumentasi sebagai panduan dalam mempelajarinya. Kalo kamu bingung cara penulisan syntax tertentu, maka kamu bisa membuka dokumentasi di situs resminya. Misalnya kamu sedang mempelajari bahasa pemrograman php, kamu bisa https://www.php.net/docs.php

Cari di google

Cari di google


Jika masalahmu tidak kamu temukan di dokumentasi, coba kamu googling. Percayalah ada banyak sekali tutorial bahasa pemrograman di internet dan ada banyak programmer yang sedang mempelajari bahasa pemrograman yang sama dengan mu.

Tanyakan di forum atau group

Tanyakan di forum atau group

Cobalah untuk selalu aktif bertanya di group, forum atau situs tanya jawab(contoh: stackoverflow). Ini bisa kamu lakukan ketika kamu tidak mendapat jawaban di google maupun dokumentasi. Biasanya para master dengan suka rela menjawab pertanyaanmu. 
Buatlah pertanyaanmu menarik untuk merek jawab.

Stuck Di Algoritma Pemrograman

Ketika kita ingin membuat sebuah fungsi, namun kita bingung dalam membangun alur proses(algoritma) yang harus di lalui, inilah yang menjadi masalah. 
Ini sama halnya seperti saat kita menginginkan sesuatu namun kita tidak tahu cara untuk mendapatkannya. Ini sering di alami oleh seorang yang baru terjun di dunia pemrograman, karena belum punya pengalaman dalam merincikan alur proses yang harus di lalui. 
Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk dapat mengatasinya, yaitu,

Sering berlatih

Terus Berlatih

Tips ini, sebenarnya tindakan preventif, yakni kamu sudah mempersiapkan diri sebelum mengembangkan aplikai dengan terus berlatih.
"Semakin kamu sering berlatih, semakin kamu terbiasa, semakin terbiasa, semakin kamu mahir". 
Hal itupun berlaku ketika kita belajar pemrograman komputer. 
Semakin banyak macam masalah yang kita hadapi semakin banyak pengalaman dalam memecahkan masalahnya. Kita stuck karena kita belum punya pengalaman, dan untuk memperbanyak pengalaman, maka teruslah berlatih. Kamu bisa mulai berlatih logika pemrograman di situs hackerrank.com. Selesaikan soal algoritma dari yang termudah sampai yang tersulit.

Buat flowchart

Membuat flowchart alur proses

Membuat flowchar akan sangat membantumu dalam menilustrasikan alur proses yang harus dilakukan aplikasi. Jangan terberu-buru untuk menulis kode jika kamu belum punya gambaran yang jelas dan hanya meraba-raba alur prosesnya, karena akan menimbulkan bug dan kode yang tidak rapi.

Rincikan alur proses

Membagi masalah menjadi submasalah

Menyelesaikan masalah yang rumit akan lebih mudah jika kita pecahkan menjadi sub-sub masalah yang lebih sederhana. Misalnya ketika kita ingin membangun rumah, akan lebih mudah jika kita mulai dengan membangun pondasi, kemudian tiang dan kemudian atap. Begitupun ketika kita hendak membuat sebuah aplikasi atau sistem.

Berdiskusi

Jika sistem yang sedang kamu bangun benar-benar kompleks, kamu bisa tanyakan di forum atau group. Berpikir bersama itu lebh efektif dari pada kamu memikirkannya sendirian. Akan banyak sekalai solusi yang akan kamu dapatkan dalam menyelesaikan masalah algortima.

Sekian dulu tips singkat cara mengatasi stuck saat ngoding. Jangan lupa di share jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Good Luck!
advertisement



0 Komentar untuk " Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Stuck Saat Ngoding"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!