DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Cara Cepat Dalam Mempelajari Bahasa Pemrograman Baru Tanpa Kursus

advertisement
Cara cepat dan efektif dalam mempelajari bahasa pemrogramman baru

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Dari mulai bahasa pemrograman low level yang memiliki performa baik namun sulit di pelajari sampai high level yang mudah di pelajari namun performa yang lebih rendah.

Trend bahasa pemrograman juga setiap tahun berubah-ubah. 
Trend Bahasa Pemrogramman
Kita memang tidak di tuntut untuk selalu mengikuti trend tersebut tapi menguasai satu bahasa pemrograman saja tidaklah cukup untuk saat ini apa lagi bahasa pemrograman yang kita kuasai sudah cukup tua, seperti java, c++, php, vb dan yang seumuran dengannya.

Masalah yang sering kali di hadapi oleh seorang programmer yang hendak mempelajari bahasa pemrograman baru adalah cara penulisan kode (syntax) yang berbeda sehingga perlu menghafalnya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana cara mempelajari bahasa pemrograman baru secara cepat dan efektif. 
Kita langsung saja ke tips-tips nya.

Terus Berlatih

Terus Berlatih

Mempelajari bahasa pemrograman baru memang bukan hal gampang. Kamu bisa memulai dengan menulis kode program sederhana dan mulai menghafal syntax-syntax dasarnya. Kamu juga bisa membuka dokumentasi atau menonton video tutorialnya di youtube sambil kamu coba menulisnya di IDE atau text editor kamu sendiri. Memang sulit di awal karena kamu belum terbiasa dengan environment yang berbeda dari bahasa pemrograman yang sudah kamu kuasai sebelumnya.

Membiasakan Diri

Membiasakan diri

Setelah kamu memahami syntax-syntax dan struktur dari bahasa pemrogram\man yang sedang kamu pelajari. Cobalah untuk membiasakan diri dalam menulis kode programmnya. Misalnya kita sudah menguasai bahasa pemrograman java dan sekarang tengah mencoba bahasa pemrograman kotlin. Terkadang kita masih suka mengakhiri baris kode dengan " ; "(titik koma), memang tidak terjadi error tapi kita menyisipkan kode yang tidak terpakai yang tentu saja tidak efisien.
Kode Java
int c = a + b; //dengan titik koma
Kode Kotlin
var c : Int = a + b //tanpa titik koma

Ikut Forum Atau Group Bahasa Pemrograman Terkait

Coba Ikut Group Atau Forum

Ada banyak sekali forum dan group pemrograman yang bisa kamu ikuti. Selain bisa menambah pengetahuanmu kita juga bisa menanyakan masalah-masalah yang kamu hadapi terkait code program yang sedang kamu tulis. Cobalah untuk meminta ijin bergabung ke admin group.
Kamu bisa mencarinya di group-group telegram ataupun whatsapp.

Coba Tes Skill

Mencoba Tes Skill

Untuk mengetahui seberapa jauh kamu menguasai bahasa pemrograman baru. Kamu bisa mencoba test skill dengan menyelesaikan soal-soal algoritma menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Kamu bisa mencobanya di hackerrank.com dan situs-situs lainnya. Atau kamu coba membuat aplikasi seperti toko online, laundri, kasir dan lainnya.

Sekian dulu tips singkat cara mempelajari bahasa pemrograman baru secara efektif tanpa kursus. Jangan lupa di share jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Good Luck!
advertisement



0 Komentar untuk " Cara Cepat Dalam Mempelajari Bahasa Pemrograman Baru Tanpa Kursus"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!