DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Perbedaan Fungsional Module dan Class Pada VB.NET

advertisement
Perbedaan module dan class di vbnet

Module adalah sebuah object pembungkus methode-methode yang memiki sifat seperti static methode pada object class namun untuk memanggil methode-methode tersebut tidak diharuskan untuk meninisialisasikan objectnya terlebih dahulu tetapi bisa langusung menuliskan nama methode yang ada di dalam module tersebut. Untuk lebih memahami perbedaan antara Object Class dengan Module, kita bisa melihat gambar berikut.

Contoh perbedaan module dan class pada vb.net
Pada gambar diatas, kita memiliki ClassMain sebagai class utama yang akan di eksekusi pertama kali dan Dua Object berupa ModuleTest dan ClassTest yang sama-sama memiliki methode untuk menampilkan nama. Jika kita perhatikan pada methode Init(), cara untuk memanggil methode yang ada pada ModuleTest, Hanya perlu menulis nama public methodenya tanpa harus meninisialisasikan nama module pembungkus methode tersebut. Namun untuk memanggil public methode(bukan Static Methode atau Share Mehode) yang ada di ClassTest maka kita perlu untuk meninisialisasikannya terlebih dahulu dengan menulis New NamaClass(). Ini juga berlaku jika kita ingin memanggil sebuah Variable yang bersifat public, seperti gambar berikut.

Contoh perbedaan module dan class pada vb.net
        Karena mothode atau variable yang ada didalam sebuah mudule dapat diakses tampa inisialisai module pembungkus maka nama methode yang ada di sebuah module tidak bisa sama dengan nama methode atau variable module yang lainnya. Hal ini berbeda dengan class yang di bolehkan memiliki nama methode dan variable yang sama dengan class yang lain. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat gambar berikut.

Ketika kita ingin memangil methode Nama maka akan terjadi error karena ambigu, untuk mengatasi maka kita perlu menulis nama module sebelum nama methodenya sehingga tidak terjadi ambigu.

        Sebenarnya kita juga bisa memanggil nama mehode atau variable tanpa meninisialisasikan object class pembungkusnya dengan membuat methode atau varible tersebut menjadi static / share. seperti gambar berikut.
Pada ClassTest, methode TampilkanNama kita rubah menjadi Share/Static, sehingga kita tidak perlu untuk meninisialisasikan object class pembungkus dengan New NamaClass(). Tapi kita tidak bisa langsung menulis nama methodenya seperti pada module, namun perlu juga menulis nama class pembungkus di depannya.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang perbedaan antara module dan class yang ada pada VB.NET, artikel selanjutnya kita akan membuat fungsi-fungsi menarik menggunakan module.  Jangan lupa di share jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar dibawah ini.



advertisement



0 Komentar untuk " Perbedaan Fungsional Module dan Class Pada VB.NET"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!