DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Cara Optimalisasi Off-Page Untuk Website Baru

advertisement

Optimasi off-page adalah tahap kedua setelah optimasi on-page yaitu usaha kita dalam membrending website yang telah kita bangun agar dikenal oleh para pengguna internet misalnya dengan backlink, yaitu link dari website luar yang mengarah ke halaman website kita. Bukan sembarang link yang kita inginkan, tapi link yang benar-benar dari webiste berpredikat baik yang memang sedang membahas hal serupa dan kemudian menganjurkan untuk membaca artikel website kita. Oleh karena itu tidak ada cara lain untuk mendapatkan backlink selain dari pada sukarela pemilik web luar tersebut.

Artikel ini tidak akan mengajarkan cara yang di benci search engine atau lebih dikenal dengan istilah blackhat dalam mendapatkan backlink seperti membayar para blogger untuk memdapatkan backlink yang mungkin berpengaruh terhadap SEO tapi cara tersebut sebenarnya dilarang karena backlink harusnya didapat secara sukarela karena konten dari website kita berkualitas dan layak untuk di kunjungi. Perlu diingat, off-page sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan backlink kalian mencantumkan website di kartu nama juga termasuk optimasi off-page tapi memang tidak ada pengaruh terhadap SEO tapi baik untuk menaikan trafik pengunjung. Jadi apa sih sebenarnya optimasi off-page?


Baca Juga: Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

Apa Itu Optimasi Off-Page?

Optimasi off-page adalah sebuah usaha dalam mempromosikan website yang telah kita bangun dan telah siap dari sisi on-page. Langkah ini tentu bertujuan untuk menaikan trafik pengunjung dan SEO tentunya. Perlu diingat, oprtimasi off-page hanya dilakukan setelah optimasi on-page. Oleh karena itu memastikan bahwa website benar-benar siap dari sisi on-page sangatlah penting, karena ketika kita ingin memasarkan sebuah produk dan ingin laku dipasaran maka kita harus memasarkan produk yang berkualitas. Optimasi Off-page seperti backlink memang sangat berpengaruh terhadap SEO karena backlink menjadi parameter yang di gunakan search engine dalam memberikan peringkat pada sebuah halaman website. Namun seperti yang telah newbieestar jelaskan sebelumnya bahwa mendapatkan backlink bukanlah hal yang mudah dilakukan karena yang diterima oleh search engine  semisal google, hanyalah backink yang berkualitas. Apalagi google sekarang memiliki algoritma yang sangat pintar dalam memisahkan backlink yang berkualitas dan tidak.


Baca Juga : Cara Optimalisasi On-Page untuk Website Baru

Bagaimana Cara Optimasi Off-Page?

Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan dalam optimasi off-page, yaitu sebagia berikut:

Sosial Media

Link yang disertakan di sosial media memang berstatus no follow, artinya search engine tidak menganggapnya sebagai backlink aktif, atau backlink yang bisa digunakan untuk menaikan peringkat halaman website. Tapi bukan berati tidak memiliki manfaat, menshare setiap potingan artikel kita ke sosial media, akan berpengaruh terhadap traffik pengunjung website kita. Karena kita tidak bisa selamanya bergantung terhadap search engine dalam mendapatkan pengunjung. Misalnya portal berita, mereka tidak bisa melakukan optimasi off-page pada setiap artikelnya yang tentu dalam sehari saja ada puluhan bahkan ratusan artikel yang mereka posting dan tentu ini akan sangat merepotkan. Cara yang tepat adalah dengan membangun fanspage sehingga pengunjung setia akan mengetahui jika ada postingan baru. Selain itu, jika kita membagikannya ke sosial media, artikel yang kita post akan lebih cepat tersebar karena mungkin saja para pengunjung setia akan dengan suka rela membagikannya ke beranda mereka.

sosial media sharing-optimasi off-page
sosial media sharing-optimasi off-page

Forum

Selain dari pada sosial media, kalian juga bisa mempromosikan website kalian di sebuah forum. Carilah forum yang meliki banyak member dan group yang sesuai dengan topik pembahasan di website kalian. Jika website kalian berhubungan dengan programming, maka carilah group yang membahas programming, karena tentu kita akan mencari target user yang memiliki ketertarikan yang sama. Teruslah promosikan website kalian di setiap website forum populer. Saran dari newbieestar adalah gunakan status no follow pada setiap link agar search engine tidak menjadikan link tersebut sebagai backlink aktif. Tindakan tersebut dilakukan untuk menghindari resiko backlink yang di anggap memiliki kualitas buruk, namun jika kalian yakin link tersebut akan berdampak baik, kalian tidak perlu memberi status no follow pada link tersebut,

Offline

Mungkin terdengar aneh bukan, karena memang ini tidak ada kaitannya dengan SEO sama sekali, dan artikel optimasi off-page yang pernah kalian baca belum pernah memberikan tips semacam ini. Tapi cara ini juga dapa membrending website kalian dan meningkatkan jumlah trafik pengunjung. Cara offline yang bisa kalian terapkan adalah dengan mencantumkan alamat website kalian pada kartu nama kalian. Terdengar simpel memang, tapi sangat efektif dalam mempromosikan website atau blog kalian. Tapi tentu nama domain kalian tidak boleh panjang dan harus mudah untuk diingat.

Backlink

Mungkin kalian bertanya, kenapa backlink berada di urutan terakhir? itu karena backlink adalah hal yang cukup sulit dilakukan di bandingkan ke tiga cara diatas. Backlink memang memiliki pengaruh terhadap peringkat halaman website dimata search engine. Mendapatkan backlink bukanlah hal yang mudah, karena backlink seharusnya didapatkan secara organik/natural, bukan karena trik atau membayar blogger untuk memberikan backlink ke website kita atau membangun banyak web hanya untuk di korbankan dan menjadikannya tumbal untuk website utama. Hal yang paling aman adalah, dengan bersabar dan terus berkaya, kerena jika website kalian memiliki predikat baik, kalian akan mendapatkan backlink secara gratis tanpa usaha apapun. Newbieestar sendiri tidak menyarankan para pembaca untuk melakukan hal-hal yang dilarang dalam mendapatkan backlink secara instan karena seperti yang newbieestar jelaskan sebelumnya, backlink bisa berpengaruh baik dan berpengaruh buruk. Teruslah perkaya konten website atau blog kalian, dengan artikel-artikel yang bermanfaat, menarik, unik dan berkualitas.
backlink dari beberapa website populer
backlink dari beberapa website populer


Itulah tips dan trik singkat berkenaan dengan optimasi off-page pada sebuah website yang baru dibuat. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan website kalian yang tentu tidak akan cukup hanya di jelaskan dalam satu artikel ini saja. Mungkin pada kesempatan lainnya, newbieestar dapat menjelaskan lebih spesifik dan men detail berkenaan optimasi off-page. Seperti biasa, silahkan tulis kritik dan sarannya pada kolom komentar, agar blog ini semakin baik dan menyajikan konten yang kualitas.


advertisement



0 Komentar untuk " Cara Optimalisasi Off-Page Untuk Website Baru"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!