DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Apa Itu Social Media Optimization(SMO)?

advertisement


Sebelumnya kita sudah membahas SMM yang serupa dengan SEM yaitu promosi dengan membayaran penyedia jasa iklan seperti google adward dan facebook ads agar produk bisa dilihat oleh para pengguna internet. Maka kali ini saya akan membahas SMO yang serupa dengan SEO, yaitu promosi dengan cara organik atau alami. 
Jika kalian belum tahu apa itu SMM silahkan baca artikel penjelasan social media marketing(SMM).

Seorang yang berkecimpung di dunia digital marketing akan melihat sosial media bukan hanya sekadar media bersosialisai tapi memanfaatkan sebagai media promosi yang efektif. Seorang digital marketer akan menganggap sosial media adalah lahan pasar yang menguntungkan. Hampir setiap kita memiliki akun sosial media, entah itu facebook, twitter, instagram atau lainnya. Bahkan instagram memiliki ratusan juta pengguna aktif terutama di indonesia, instagram adalah media sosial yang erat kaitannya dengan endorsement. Oleh karena itu, yuk kita bahas apa itu Social Media Optimization(SMO).

Apa Itu SMO?

SMO adalah sebuah tindakan dalam memaksimalkan visibilitas profil akun kalian agar setiap postingan dan aktifitas kalian di jejaring sosial media dapat di lihat atau diketahui oleh pengguna lainnya. SMO sendiri sangat cocok dalam meningkatkan trafik pengunjung sebuah situs web selain dari pada hasil pencarian atau pengunjung tetap. Contoh hal kecil dari SMO adalah dengan membagikan artikel yang ada di web ke sosial media yang kemudian teman-teman kalian atau subriber kalian membagikan postingan tersebut ke beranda mereka. Ini akan berdampak baik pada popularitas artikel kalian dan mungkin bisa jadi viral.


Kegunaan SMO sebenarnya juga tidak hanya untuk meningkatkan trafik pengunjung website tapi juga bisa digunakan untuk  media promosi cepat tanpa website jika kalian memang sudah memiliki banyak teman, follower atau subcribe. Contohnya saja instagram, banyak penggunanya yang telah memiliki follower ribuah bahkan jutaan melakukan endorsement sebuah produk. 

Manfaat SMO

SMO sangat bermanfaat jika kalian telah memiliki pengunjung tetap dan loyal terhadap webiste kalian. Pengunjung yang menunggu setiap postingan pada website kalian tentu menginginkan pemberitahuan artikel terbaru di sosial media mereka. SMO sangat cocok dalam membangun komunitas penggemar dan populitar disosial media. SMO juga dapat menjadikan sebuah postingan viral dan mempercepat tersebar luasnya postingan kalian.

Kelebihan Dan Kekurangan SMO

Setiap teknik dalam dunia digital marketing tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan SMO. SMO adalah sebiah cara organik dalam meningkatkan trafik sebuah web dengan cara mengoptimalkan fungsi dari sosial media dan memperbanyak relasi. Berikut adalah kelebihan dan keuntungan SMO.

Kelebihan SMO

1. Lebih murah
2. Lebih  mudah untuk diterapkan
3. Dapat membangun popularitas permanen di sosial media
4. Berpotensi menjadi viral
4. Postingan lebih mudah untuk tersebar luas

Kekurangan SMO

1. Banyaknya akun palsu
2. Target user kadang tidak sesuai
3. Butuh usaha dan waktu dalam membangun relasi

Kapan Kita Perlu SMO

Melakukan teknik SMO bisa di lakukan kapan saja, bahkan disarankan untuk menginginkan web profesional. SMO sangat dibutuhkan jika target customer kalian adalah para pengguna sosial media. Sosial media adalah lahan pasar yang potensial dalam memaskan produk kalian, karena di dalamnya ada berbagai macam karakteristik user yang memiliki minat yang berbeda-beda, yang mungkin diantaranya tertarik dengan produk yang kalian jajakan.


Mungkin itu saja sedikit penjelasan mengenai SMO berdasarkan pengetahun saya sendiri.Jika ada pendapat lain atau tidak setuju dengan pendapat saya, silahkan tulis di kolom komentar.
advertisement



0 Komentar untuk " Apa Itu Social Media Optimization(SMO)?"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!