DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Apa itu Social Media Marketing(SMM)?

advertisement

SMM atau sosial media martketing menjadi metode promosi favorit saat ini. Berbeda dengan SEO dan SEM, SMM tidak mengharuskan kalian untuk memiliki website terlebih dahulu. Selain itu, melakukan SMM jauh lebih mudah di bandingkan SEO dan SEM dan tentu bisaya yang dikeluarkanpun jauh lebih sedikit.


Hampir dari setiap kita mamiliki akun facebook, istagram, twitter dan yang lainnya, entah untuk cari kenalan atau kepoin mantan 😁. Bagi seorang yang berkecimpung di dunia digital marketing tentu ini menjadi lahan market yang efektif untuk menjaring costumer. Oleh karena itu yuk kita bahas apa itu social media marketing.

Baca Juga:Apa Itu Search Engine Marketing(SEM)?

Apa Itu SMM?


SMM adalah salah satu cara mempromosikan produk dengan membayar penyedia layanan iklan seperti facebook ads yang kemudian produk tersebut akan di tampilkan ke timline pengguna facebook dan instagram dengan spesifikasi yang telah di tentukan. Spesifikasi ini didapat dari prilaku dan data kalian di sosial media. 

Setiap halaman yang kita sukai, posting yang kita post, tempat tinggal, pernah singgah dan seluruh data diri kita yang ada di facebook akan di gunakan oleh facebook dalam menentukan iklan mana yang cocok ditampilkan kepada kita. Inilah kenapa hampir setiap iklan yang tampil di timeline facebook atau instagram kita, sesuai dengan minat kita. Bahkan dengan adanya facebook pixel, ketika kita pernah mencari produk tertentu maka kita akan terus-terusan melihat iklan produk tersebut sampai kita membelinya.
contoh SMM pada facebook

Kapan Kita Perlu SMM?


SMM menjadi pilihan terbaik jika kalian tidak memiliki website sebagai media promosi. SMM sangat tepat jika kalian sedang menjaring kalangan muda karena sebagian besar pengguna sosial media khususnya instagram adalah dari kalangan muda. Selain itu, SMM adalah salah satu cara dalam menjaring pelanggan sebesar-besarnya, karena berbeda dengan SEO dam SEM yang tentu target customernya adalah orang yang benar-benar mencari produk atau layanan anda di pencarian, sedangkan SMM target customernya adalah orang yang memiliki kertertarikan dengan produk atau layanan anda tersebut. 

SMM akan sangat cocok bagi anda yang ingin mempromosikan produk baru anda dengan sangat cepat, seperti mempromosikan produk makanan, kursus, restoran dan lain sebagainya. Namun ada kebijakan yang harus kalian patuhi dalam beriklan, terutama konten iklan harus bebas dari unsur sara, porn*grapi, produk dilarang, produk bajakan, beberapa jenis obat-obatan dan lain sebagainya jika ingin iklan kalian di setujui oleh penyedia layanan iklan.


Baca Juga:Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

Kelebihan Dan Kekurangan SMM


SMM memang menjadi cara beriklan favorit dan paling gampang untuk dilakukan serta meberikan hasil yang maksimal. Tapi sebelumnya perlu anda ketahui kelebihan dan kekurangan SMM sebagai cara promosi, yaitu sebagai berikut:

Kelebihan SMM


1. Tidak perlu memiliki web

2. Menjangkau customer lebih banyak dan luas
3. Lebih cepat prosesnya
4. Lebih murah

Kekurangan SMM

1. Ada kalanya iklan muncul di user yang tidak tepat
2. Kebijakan yang terlalu ketat
3. Jangkauan luas tidak menjamin semua berpotensi
4. Banyaknya akun palsu


Mungkin itu penjelasan singkat mengenai SMM berdasarkan pengetahuan dan pengalaman penulis sendiri. Jika kalian punya pendapat sendiri atau memiliki tambahan informasi tentang social media marketing silahkan tulis di kolom komentar.
advertisement



0 Komentar untuk " Apa itu Social Media Marketing(SMM)?"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!