DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

advertisement
 Setiap kita pasti ingin website atau blog yang telah kita bangun dapat dengan mudah ditemukan lewat mesin pencarian. Apalagi website yang kita bangun tersebut adalah website produk yang ingin kita jual semisal website perumahan, wesite jasa dan lain sebagainya. Tentu ini adalah hal yang sangat penting, mengingat sebagian besar pengunjung sebuah alamat web adalah dari mesin pencari semisal google. Akan tetapi kita tidak mengetahui bagaimana cara mesin pencarian bekerja, bagaimana mensin pencari menjaring jutaan website dan miliaran halaman yang ada di internet. Pernahkan kita memikirkan hal tersebut?

Setiap mesin pencarian semisal google, bing, yahoo dan lain sebagainnya memiliki cara yang hampir sama dalam menjaring sebuah alamt web, kemudian mengindexnya dan memberikan peringkat pada alamat web tersebut sehingga pada page berapa alamat web tersebut muncul di hasil pencarian. Oleh karena itu sangat penting bagi kita mempelajari SEO atau Search Engine Optimizing.

Apa itu SEO?

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dan  organik(natural) dalam mengoptimalkan sebuah halaman web agar dapat di index oleh mesin pencarian dan muncul pada page tertatas pada hasil pencarian, baik optimalisasi Off-Page ataupun On-Page. Muncul pertanyaan baru? apa itu optimalisasi off-page dan on-page.

Apa itu optimalisasi on-page?

Optimalisasi on-page adalah optimalisasi terhadap halaman web itu sendiri. Dalam hal ini kualitas dan relevansi menjadi kunci utama optimalisasi on-page. Optimalisasi on-page menjadi hal penting dalam SEO karena setiap search engine akan berusaha menampilkan hasil pencarian yang paling sesuai dengan apa yang diinginkan oleh user. Seandainya kita menjadi user yang ingin mencari sebuah informasi misalnya di google, tentu kita ingin di sajikan informasi yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang kita cari. Dalam mengoptimalisasi on-page hal-hal yang perlu di penuhi adalah sebagi berikut:
  1. Kualitas content
  2. Kecepatan loading halaman
  3. Navigasi yang memudahkan user dalam mengeksplorasi
  4. Struktur dan meta tag
  5. Internal link dan eksternal link
  6. Keyword dan deskripsi yang relevan

Apa itu optimalisasi off-page?

Berbeda dengan optimalisasi on-page, optimalisasi off-page adalah optimalisasi diluar halaman web. Maksudnya adalah kita membrending website agar memiliki pringkat baik dimata search engine. Mekanisme branding disini adalah dengan cara melakukan link building atau backlink, yaitu sebuah link yang mengarah ke website kita. Link disini bukan hanya sekedar link aktif dari website lain yang diarahkan ke web kita, jika hanya seperti itu maka akan sangat mudah melakukannya, semisal kita menaruh link aktif di kolom komentar web orang lain. Search engine akan melakukan filterisasi terhadap link-link yang mengarah ke website kita dengan algoritma yang mereka kembangkan selama bertahun-tahun. Link yang tidak relevan atau link dari web yang berpredikat buruk akan berdampak buruk terhadap website kita. Analoginya seperti ini, jika kalian seorang dokter kemudian dokter yang lain merekomendasikan kalian, tentu akan menaikan citra kalian sebagai seorang dokter, tapi jika yang merekomendasikan kalian adalah seorang yang tidak dapat dipercaya, tentu ini akan merusak citra kalian sebagi dokter. 


Baca Juga: Cara Optimalisasi Off-Page Untuk Website Baru.

Cara kerja search engine?

Untuk menerapkan SEO pada sebuah website dengan tepat maka penting kita mengetahui cara kerja search engine dalam menjaring dan memberi peringkat pada sebuah website. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap search engine memiliki mekanisme yang hampir sama dalam menjaring miliaran halaman web yang ada di internet. Misal kita ambil contoh google, sebagaimana yang dijelaskan oleh google sendiri dalam websitenya, sehingga ada tiga poin utama yang dilakukan search engine, yaitu:
  1. Crawling : Menjaring semua halaman web yang ada di internet.
  2. Indexing  : Menyimpannya kedalam daftar website milik google.
  3. Ranking  : Memberikan peringkat terhadap halaman berdasarkan ketentuan tertentu.
Jika kalian ingin mengetahui cara kerja search engine secara mendetail, kalian bisa membacanya sesuai penjelasan google sendiri, di artikel cara kerja google penelusuran.

Kapan perlu menerapkan SEO?

Menerapkan SEO pada sebuah website bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Terkadang ada sebagian website yang justru tidak efektif jika menerapkan SEO. Oleh karena itu, mengetahui tujuan dari pengembangan web itu sendiri adalah hal yang penting untuk menentukan perlukan menerapkan SEO terhadap website yang sedang di kembangakan. 

Jenis webiste yang perlu SEO

Jika kalian sedang membangun website business dalam jangka panjang, maka penerapan SEO sangatlah penting, karena tentu kita tahu jika hanya mengandalkan pengunjung langsung dari website atau dari sosial media sangatlah sedikit. Seorang pengunjung yang berasal dari search engine tentu memiliki keunggulan,  yaitu mereka benar-benar sedang mencari produk atau jasa yang kalian tawarkan, sehingga peluang membeli produk atau jasa yang kalian tawarkan lebih besar.

Jenis website yang tidak perlu SEO

Webiste catatan pribadi yang tak ingin dilihat orang lain, website arsip, atau halaman tertentu dari sebuah website semisal contact us, privacy police, about us dan lain sebagainya tentu tidak cocok untuk diterapkan SEO. Dalam hal ini, kita tidak mengharapkan pengunjung halaman tersebut dari hasil pencarian. Misalkan kalian sedang mencari informasi tertentu namun google menampilkan hasil pencarian berupa halaman contact us sebuah sebsite tertentu yang tidak sesuai dengan apa yang kalian cari, tentu kalian akan segera meninggalkan halaman tersebut dan ini sangat berpengaruh terhadap respon user yang menjadi salah satu parameter penilaian google, walaupun google memiliki algoritma cerdas dalam memahami maksud user, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan dalam menampilkan hasil pencarian apalagi google adalah hasil bikinan manusia. 

Hal yang harus dihindari ketika praktek SEO

Menerapkan SEO pada sebuah website bukanlah hal yang mudah, bahkan kalian tidak cukup hanya membaca artikel ini saja. Karena pada kenyataannya, ketika kalian mencoba memposting artikel dengan keyword tertentu pada web atau blog kalian, maka kalian sendang bersaing dengan ribuan bahkan jutaan artikel dengan keword yang sama. Karena inilah yang menyebabkan betapa sulitnya memperoleh halaman pertama di hasil pencarian google. Ada banyak tutorial di internet berkaitan SEO secara instan, padahal cara tersebut adalah cara yang dibenci oleh google dan search engine lainnya. 

Asal Backlink

Dulunya cara ini adalah cara yang biasa dijelaskan oleh pakar SEO, namun seiring waktu dan semakin cerdasnya mesin pencarian, cara tersebut adalah cara yang buruk untuk menentukan peringkat sebuah website. Jika seandainya peringkat sebuah website hanya di tentukan oleh banyaknya link aktif yang mengarah ke halaman web kita maka kita hanya perlu meninggalkan banyak link di kolom komentar web orang lain, atau menggunakan tools backlink otomatis yang sekarang banyak di jual di internet. Sebagaimana kita ketahui bahwa SEO adalah optimalisasi page rank di mesin pencarian secara organik atau natural sehingga parameter kedua dari sebuah backlink yang berkualitas adalah relevansi. Mungkin saja cara tersebut pada suatu waktu menaikan peringkat halaman secara instan, tapi perlu diingat peringkat ini tidak akan bertahan lama dan yang pada akhirnya anda mendapatkan sanksi dari search engine berupa blacklist yang berakibat website atau halaman kalian tidak lagi muncul di hasil pencarian selamanya.

Meng-copas artikel orang lain

Cara ini bukan hanya dibenci mensin pencarian tapi juga content writter karena hasil karyanya di curi orang lain. Search engine sangat mengapresiasi hasil karya sendiri, oleh karena itu plagiarisme adalah hal yang perlu di hindari dalam penerapan SEO. Jika kalian tidak hobi menulis atau berkarya dalam tulisan maka lebih baik kalian urungkan niat kalian menjadi seorang blogger atau content writter. Mungkin menjadi content creator misalanya menjadi youtuber lebih baik bagi kalian jika kalian hobi editing video.

Menerapkan keyword yang berlebihan

Fokus pada kualitas konten jangan fokus pada keyword. Keyword memang diperlukan tapi secukupnya jangan berlebihan. Penerapan keyword secara berlebihan pada sebuah artikel berpengaruh buruk pada website itu sendiri. Penerapan jumlan keyword yang ideal adalah 2 sampai 3% dari keseluruhan isi sebuah artikel. Oleh karena itu isi artikel yang padat dan detail menjadi kunci utama agar kalian dapat menerapkan keyword lebih banyak.

Terburu-buru dalam menerapkan SEO

Menerapkan SEO pada sebuah website adalah hal yang memakan banyak waktu, jadi tidak ada cara instan yang dapat dilakukan agar sebuah website memiliki predikat baik dimata search engine. Perlu kalian ketahui bahwa deretcode sendiri butuh waktu berbulan-bulan hanya untuk menyelesaikan struktur web agar SEO friendly, sehingga selama pengembangan tersebut tidak ada satupun artikel yang di publish. Setelah struktur web complete deretcode kemudian fokus pada kualitas artikel yang saling terhubung menggunakan internal link satu sama lain, bahkan setelah artikel selesai dibuatpun deretcode tidak langsung mempublishnya, akan tetapi terus mengkoreksinya secara berulang-ulang agar artikel benar-benar siap untuk di pubish termasuk artikel yang sedang kalian baca ini. Jadi, kesabaran adalah modal utama yang perlu di miliki oleh seorang pakar SEO.



Itulah penjelasan singkat mengenai  Apa itu Search Engine Optimization versi deretcode. SEO adalah hal yang kompleks dan sangat sulit untuk dijelaskan secara terperinci dalam satu artikel. Penjelasan diatas adalah sesuai yang penulis ketahui dan mungkin masih banyak hal yang penulis lewatkan padahal hal yang cukup penting, oleh karena itu saya sangat berharap kritik dan sarannya agar blog ini bisa menjadi lebih baik kedepannya.

advertisement



0 Komentar untuk " Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!