DeretCode|

Tips, Trik dan Tutorial
Seputar IT, Coding, Internet Marketing, Keahlian, Pendidikan, Hobi Dan Lainnya
Night :

Apa Itu Search Engine Marketing(SEM)?

advertisement
Jika kalian bekerja di dunia digital marketing tentu tidak asing lagi dengan yang namanya search engine marketing(SEM). Namun jika kalian baru terjun di dunia tersebut maka kalian berada di tempat yang tepat karena kali ini saya akan membahas apasih Search Engine Marketing(SEM) secara mendetail.


Sebuah webiste bisa berada di halaman pertama di hasil pencarian tidak hanya melaui SEO yang tentu saja butuh wakut, kerja keras dan kesabaran  tetapi juga bisa menggunakan cara instan yang tentu di perbolehkan yaitu SEM. Berbeda dengan SEO yang melelahkan SEM lebih menyenangkan untuk dilakukan karena tanpa optimasi on-page dan off-page, halaman website kita mampu berada di posisi pertama hasil pencarian. Kunci utama SEM adalah dengan membeli keyword dengan harga tertentu sehingga halaman website kita dapat muncul di hasil pencarian dengan keyword tersebut. Sekarang kalian tahukan dari mana search engine semisal google itu dapat keuntungan. Oke langsung saja ke topik pembahasan.

Apa Itu SEM?

SEM adalah salah satu cara agar halaman webiste kita bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian google dengan membayar penyedia layanan iklan semisial google adwards, facebook ads dan lain sebagainya. Untuk besaran biaya yang dikeluarkan tergantung dari keyword yang digunakan, jika keyword tersebut semakin populer maka semakin besar biaya untuk membeli keyword tersebut. Oleh karena itu SEM juga dikenal dengan hasil pencarian non-organik atau hasil pencarian berbayar.

Cara SEM tidak sesulit cara SEO karena memang kita tidak diharuskan optimasi sana-sini untuk bisa berada di posisi pertaman hasil pencarian. Kita hanya perlu perlu landing page untuk mengarahkan hasil pencarian ke website kita. Namun juga tidak bisa dikatakan semudah membalik telapak tangan, karena kita tetap saja diharuskan research keyword membuat  landing page yang sesuai dan lain sebagainya agar hasilnya bisa maksimal dan menekan biaya iklan. Oleh karena itu sebagiamana ada pakar SEO maka ada juga pakar SEM.

Baca Juga:Apa Itu SEO(Search Engine Optimization)?

Bagaimana Cara Kerja SEM?

Cara kerja SEM berbeda dengan cara kerja SEO. Jika SEO akan membutuhkan proses yang rumit agar halaman sebuah webiste bisa tampil di hasil pencarian. Sedangkan konsep SEM adalah anda bayar anda pemenangnya. Tapi tidak juga sesimpel itu karena kita juga harus bersaing dengan website kompetitor yang melakukan hal yang sama. Oleh karena itu semakin populer sebuah keyword maka semakin mahal harganya, artinya siapapun yang biaya iklannya paling mahal dialah pemenangnya. Bukan berarti yang bayarannya rendah tidak di tampilkan, SEM dengan badget rendah akan di tampilkan di urutan tertentu, yang tentu hasilnya tidak akan maksimal.


Biaya iklan yang dikeluarkan sendiri yakni bisa berupa PPC(Pay-Per-Click) yaitu biaya yang harus dikeluarkan per klik yang dilakukan oleh user atau PPI(Pay Per Impression) yaitu biaya yang harus dikeluarkan berdasarkan jumlah iklan yang dilihat pengunjung.

Kapan Perlu SEM?

Sebelum kalian melakuan SEM maka kalian perlu mengetahui apakah cara tersebut cocok untuk web kalian, karena melakuan SEM membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu jika seandainya website kalian tidak cocok dengan metode tersebut maka kalian hanya menghambur-hamburkan uang. Berikut adalah kondisi dimana kalian disarankan untuk SEM:

Butuh Promosi Cepat

Jika kalian ingin mempromosikan sebuah produk di website kalian dengan cepat, maka SEM adalah solusi yang tepat. Promosi cepat dibutuhkan ketika produk yang kalian jual adalah produk memiliki usia pendek dan jumlah terbatas. Misalnya kalian ingin menjual buah-buahan dengan stock terbatas dan tidak continue, maka promosi cepat perlu di lakukan agar buah-buahan tersebut habis terjual sebelum membusuk. Bayangkan jika kalian melakukan SEO, yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya, mungkin buah-buahan kalian membusuk sebelum SEO berhasil

Menyandingkan Dengan SEO

Menyandingkan SEM dengan SEO adalah sebuah tindakan cerdas karena website kalian akan kuat dalam dua sisi. SEM bisa kalian lakukan sembari kalian melakukan SEO, langkah ini dapat membuat proses SEO jauh lebih cepat. Bahkan website-website yang memiliki SEO kuatpun tetap menerapkan SEM untuk menjatuhkan kompetitornya atau memperkuat posisinya.


Promosi Dengan Waktu Terbatas

Hampir sama dengan kasus promosi cepat. Promosi terbatas biasanya promosi di waktu-waktu tertentu namun dilakukan bukan karena usia produk, contohnya seperti discount akhir tahun, discount dalam rangka ulang tahun dan lain sebagainya. Bayangkan jika hal tersebut dilakukan dengan cara SEO maka promosi discount akhir tahun akan selalu muncul di hasil pencarian.

Mana Yang Lebih Baik, SEO atau SEM?

SEO dan SEM memiliki cara dan prinsip yang berbeda, yang tentunya tidak akan bisa dibandingkan satu sama lain. SEO dan SEM memilki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, maka oleh karena itu cara yang paling tepat adalah dengan mengkombinasikannya. SEO membutuhkan proses yang panjang dan usaha yang eksta namun hasil pencarian yang lebih awet sedangkan SEM membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan hasil pencarian ditentukan oleh biaya yang dikeluarkan namun prosesnya jauh leh cepat dan instan. Jadi semua kembali ke kalian masing-masing, pilih SEO atau SEM atau mengkombinasikannya.


Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu search engine marketing. Jika kalian memiliki pendapat sendiri dan tidak setuju dengan penjelasan diatas, silahkan tulis di kolom komentar. Di lain kesempatan saya akan kembali membahas SEM secara lebih terperinci lagi. Terimakasih atas kunjungannya.
advertisement



0 Komentar untuk " Apa Itu Search Engine Marketing(SEM)?"

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak!